loading

Fitur Penting yang Menjadi Keunggulan Utama Android 10Posted by On September 9, 2019

Fitur Penting yang Menjadi Keunggulan Utama Android 10

needpix.com


Google telah secara resmi mengumumkan Android Q dengan nama android 10. Menurut rencana, para pengguna handphone Android bakal bisa merasakan secara langsung fitur lengkap yang ada pada sistem operasi tersebut pada bulan Agustus 2019 ini. Kalau Anda enggan menunggu lebih lama, bisa pula mengunduh secara langsung Android 10 dalam versi Beta yang disediakan secara gratis oleh Google.

Android 10 merupakan generasi penerus dari Android Pie. Penamaan sistem operasi Android terbaru ini memang agak berbeda dibandingkan versi terdahulunya. Selain itu, Google juga mengubah penggunaan warna pada wordmark “Android” dari warna hijau menjadi hitam. Sebagai pelengkap, transformasi OS Android terbaru ini juga diikuti dengan hanya menggunakan bagian kepala Bugdroid sebagai logo.

Selain memberi perubahan pada logo, Android 10 juga menawarkan banyak pembaruan jika dibandingkan dengan smartphone Android Pie. Beberapa fitur baru yang bakal dapat Anda nikmati dari sistem operasi baru tersebut di antaranya adalah:

Dark Mode

Fitur Penting yang Menjadi Keunggulan Utama Android 10
pixabay.com

Berbeda dengan Android Pie Samsung, Xiaomi, ataupun Nokia, handphone dengan OS Android 10 bakal memiliki fitur Dark mode. Fitur ini bisa Anda atur sesuai kebutuhan. Bahkan, Dark mode ini bisa berjalan pada aplikasi milik Google atau aplikasi pihak ketiga yang tidak memiliki fitur Dark mode sendiri. Penggunaan fitur Dark mode memiliki keuntungan karena bisa membuat mata lebih nyaman. Selain itu, Dark mode juga memberi benefit karena bisa menghemat penggunaan baterai.

Gesture Navigasi

Fitur Penting yang Menjadi Keunggulan Utama Android 10
maxpixel.net

Pada smartphone Android Pie atau versi terdahulu, Anda selalu akan menjumpai tombol navigasi. Namun, kalau Anda melakukan update ke Android 10, kehadiran tombol navigasi tersebut bisa tergantikan oleh sistem gesture sebagai sarana navigasi. Sebagai contoh, swipe ke atas bakal menuju Home, swipe ke bagian kiri untuk navigasi kembali, dan lain-lain.

Kustomisasi Tampilan

Fitur Penting yang Menjadi Keunggulan Utama Android 10
pexels.com

Anda juga bisa mengubah highlight warna pada OS Android 10. Salah satu contoh penggunaan fitur ini adalah ketika mengakses ikon serta highlight pada menu pengaturan. Pada versi beta, terdapat 8 opsi warna yang bisa Anda gunakan. Namun, jumlah opsi warna tersebut bisa saja mengalami perubahan pada versi akhir Android 10.

Keamanan dan Privasi yang Lebih Baik

Fitur Penting yang Menjadi Keunggulan Utama Android 10
pixnio.com

Google memberi perhatian lebih pada peningkatan keamanan dan privasi pada Android 10. Anda dapat melakukan pengaturan privasi pada bagian menu pengaturan. Selain itu, sistem operasi hanya akan membagikan lokasi kepada aplikasi pihak ketiga dengan persetujuan pemilik. Cara kerja fitur ini, hampir mirip dengan location permission yang ada di perangkat iOS.

Night Sight

Fitur Penting yang Menjadi Keunggulan Utama Android 10
pixnio.com

Fitur Night Sight menjadi pembaruan berikutnya yang bisa Anda nikmati pada Android 10. Fitur ini memungkinkan Anda menangkap gambar dengan cerah serta terang meski berada pada situasi yang gelap. Fitur ini dapat Anda temukan pada interface Google Camera yang membuatnya bisa diakses dengan cepat dan mudah.

Dukungan terhadap foldable phone

Fitur Penting yang Menjadi Keunggulan Utama Android 10
pixabay.com

Beberapa smartphone dengan desain unik yang bisa dilipat, bakal memperoleh kemudahan ketika menggunakan Android 10. Dengan adanya dukungan terhadap foldable phone pada Android 10, pemilik ponsel bisa merasa nyaman memakai ponsel tersebut.

Desktop mode

Fitur Penting yang Menjadi Keunggulan Utama Android 10
pixabay.com

Fitur yang terakhir ini masih menjadi pertanyaan besar, bakal diwujudkan oleh Google atau tidak. Android 10 kemungkinan bisa dimanfaatkan sebagai perangkat desktop seperti halnya yang ditawarkan oleh Samsung DeX. Fitur ini ditemukan oleh para developer di forum XDA yang mengindikasikan pemakaian OS Android dalam mode desktop.

Nah, itulah 7 fitur utama yang bakal bisa Anda nikmati dalam OS Android 10. Selagi menunggu kehadiran OS ini, Anda masih tetap bisa memakai handphone Nokia Android, Samsung Android, ataupun hp merek lain yang menggunakan OS Android Pie.

ReviewScientificTechnologyTutorial

10androidandroid 10fiturhandphonehpkeunggulankeunggulan utamautama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *