loading

3 Hal Penting Tentang Beasiswa Luar Negeri yang Harus Anda KetahuiPosted by On September 10, 2019

3 Hal Penting Tentang Beasiswa Luar Negeri yang Harus Anda Ketahui

pixabay.com


Dengan biaya yang cukup besar, tidak semua orang bisa bersekolah di luar negeri. Oleh karena itu, mencari peluang beasiswa luar negeri adalah salah satu solusi terbaik jika Anda bermimpi untuk meneruskan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Namun begitu, seleksi untuk mendapatkan beasiswa cukup sulit, Anda harus memenuhi persyaratan serta melewati beberapa tahap sebelum bisa berangkat belajar ke negeri impian. Sebelum mencari beasiswa luar negeri yang sesuai, sebaiknya ketahui dulu tiga hal di bawah ini.

Beasiswa Memiliki Jenis Pendanaan yang Berbeda

3 Hal Penting Tentang Beasiswa Luar Negeri yang Harus Anda Ketahui
pixabay.com

Ketika menjalani program studi di luar negeri, tentu banyak komponen biaya yang harus dikeluarkan. Beberapa di antaranya adalah biaya perkuliahan, akomodasi, transportasi, biaya hidup, tempat tinggal, asuransi kesehatan, buku kuliah, dan biaya penelitian. Namun, tidak semua penyedia beasiswa memberikan seluruh dana tersebut kepada calon mahasiswa.

Beasiswa yang mencakupi seluruh biaya yang Anda butuhkan selama studi dikenal sebagai Full Scholarship atau beasiswa penuh. LPDP Kemenkeu, Chevening, dan Australia Awards adalah penyedia beasiswa yang terkenal memberikan jenis pendanaan ini bagi para mahasiswa yang lolos seleksi.

Ada juga lembaga yang hanya memberikan beasiswa parsial. Komponennya beragam, tergantung pada kebijakan masing-masing penyedia beasiswa. Misalnya saja, penyedia menanggung biaya perkuliahan dan biaya perjalanan, tetapi tidak memberikan biaya hidup dan asuransi kesehatan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk membaca secara detail, apa saja yang akan Anda dapatkan dari beasiswa tersebut dan biaya apa saja yang perlu Anda persiapkan sendiri.

Anda Dapat Mengikuti Beberapa Jenis Beasiswa

3 Hal Penting Tentang Beasiswa Luar Negeri yang Harus Anda Ketahui
pixabay.com

Banyak yang belum tahu bahwa seorang mahasiswa bisa mendapatkan beberapa jenis beasiswa tergantung kebijakan penyedia beasiswa. Biasanya, sponsor beasiswa parsial memberi keleluasaan  bagi mahasiswa untuk mengajukan beasiswa pada lembaga lain untuk membantu biaya selama perkuliahan di luar negeri.

Misalnya saja, Anda mendapatkan beasiswa biaya perkuliahan berdasarkan prestasi akademis. Kemudian, Anda mengajukan kembali beasiswa ke lembaga lain berdasarkan prestasi nonakademis (seni, olahraga, dan bidang lain). Namun begitu, Anda harus memperhatikan setiap syarat dan pastikan Anda memenuhinya.

Kualitas Diri Anda Tertuang dalam Esai

3 Hal Penting Tentang Beasiswa Luar Negeri yang Harus Anda Ketahui
pixabay.com

Hampir seluruh program beasiswa memberikan syarat untuk menulis esai. Melalui esai, para penyedia beasiswa dapat melihat kualitas diri Anda. Hal ini juga berlaku pada motivation letter yang Anda tuliskan untuk mendapatkan surat penerimaan dari universitas tujuan. Tulisan Anda menjadi cerminan seberapa serius Anda dalam menjalani perkuliahan.

Beberapa syarat beasiswa luar negeri meliputi penulisan esai sesuai topik yang diminta, sertifikat penguasaan bahasa asing, motivation letter, letter of acceptance, serta nilai memuaskan dari jenjang pendidikan sebelumnya. Jarang ditemukan sponsor yang akan memberikan beasiswa luar negeri tanpa TOEFL. Tentu saja, menguasai bahasa Inggris adalah salah satu keahlian penting yang harus Anda miliki jika ingin belajar di luar negeri.

Jika Anda sudah siap untuk bersaing secara global, siapkan persyaratan dari sekarang dan raih kesempatan beasiswa di negara impian Anda!

ReviewScientificTutorial

akademiakademisbeasiswabeasiswa luar negerikampuskualitaskuliahmahasiswaprestasisekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *