loading

5 Faktor Kunci yang Menjadi Kunci Kesuksesan Startup TeknologiPosted by On September 10, 2019

5 Faktor Kunci yang Menjadi Kunci Kesuksesan Startup Teknologi

pixabay.com


Semua orang bisa mendirikan startup. Namun, hanya sebagian kecil founder startup yang mampu mempertahankan dan mengembangkan perusahaan rintisan menjadi unicorn. Faktanya, tingkat kegagalan yang dihadapi oleh para founder startup sangat tinggi. Risiko kegagalan perusahaan startup di tingkat dunia, mencapai angka 90 persen, dan hal ini juga terjadi di Indonesia.

Alih-alih berfokus pada kegagalan yang dialami oleh 90 persen bisnis startup, Anda perlu memusatkan perhatian pada kesuksesan yang didapatkan oleh 10 persen perusahaan startup dunia. Dalam menjalankan usahanya, para founder startup besar seperti GoJek, Traveloka, Grab, ataupun unicorn lainnya memiliki 5 kunci utama untuk meraih kesuksesan, yaitu:

Ide

5 Faktor Kunci yang Menjadi Kunci Kesuksesan Startup Teknologi
pixabay.com

Anda bisa saja mendirikan startup dalam berbagai bidang, seperti startup pertanian, startup jasa, startup media, dan lain-lain. Namun, Anda perlu memastikan bahwa ide bisnis yang ditawarkan memberi solusi atas permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat. Dengan begitu, produk yang ditawarkan startup benar-benar dibutuhkan konsumen.

Permasalahan ini mungkin terdengar sepele. Namun, siapa sangka kalau hampir 42 persen startup gagal karena tidak mendapatkan respons yang positif dari konsumen. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan riset ketika ingin membangun ide bisnis startup. Pastikan bahwa ide bisnis yang dibangun memiliki pangsa pasar yang sesuai.

Tim

5 Faktor Kunci yang Menjadi Kunci Kesuksesan Startup Teknologi
pixabay.com

Faktor krusial selanjutnya yang menjadi kunci dalam keberhasilan startup adalah tim. Anda sebagai seorang founder startup, harus benar-benar memilih karyawan ataupun rekan kerja secara cermat. Menurut data dari Digitaraya yang merupakan lembaga akselerator startup, sebanyak 65% startup mengalami kegagalan karena hubungan internal yang buruk.

Cek-cok yang terjadi pada tubuh startup bisa terjadi karena banyak hal. Problem tersebut bisa saja muncul karena orang-orang yang berada di dalamnya tidak memiliki visi yang sama. Selain itu, problem buruknya hubungan internal di dalam startup juga bisa terjadi karena kemampuan manajemen serta kepemimpinan yang buruk dari para founder-nya.

Model bisnis

5 Faktor Kunci yang Menjadi Kunci Kesuksesan Startup Teknologi
pixabay.com

Seorang founder startup juga perlu memiliki model bisnis yang tepat biar perusahaan rintisan meraih kesuksesan. Perancangan model bisnis juga harus dilakukan dengan memperhatikan tingkat perkembangan bisnis startup. Pada titik tertentu, Anda bisa saja mengubah model bisnis biar tujuan bisa dicapai.

Growth menjadi indikator utama dalam penilaian kesuksesan startup. Namun, pada titik tertentu, Anda juga perlu memperhatikan tingkat penjualan produk. Selain itu, model bisnis yang diterapkan pada startup juga kerap mengedepankan kecepatan dalam pengambilan keputusan.

Pendanaan

5 Faktor Kunci yang Menjadi Kunci Kesuksesan Startup Teknologi
pixabay.com

Pendanaan menjadi kunci kesuksesan startup selanjutnya. Adanya pendanaan dari investor menjadi tanda bahwa startup Anda dipercaya mampu berkembang dan mereka bisa mendapatkan timbal balik keuntungan. Hanya saja, pendanaan dari investor perlu dibatasi dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Suntikan dana dari investor memang mampu mendorong operasional startup dalam jangka pendek. Namun, Anda perlu memperhatikan kelangsungan bisnis dalam jangka panjang. Oleh karena itu, Anda boleh saja menerima pendanaan, dengan catatan ketika telah berhasil mencapai target tertentu.

Timing

5 Faktor Kunci yang Menjadi Kunci Kesuksesan Startup Teknologi
pixabay.com

Faktor yang tak kalah penting dalam kesuksesan startup adalah timing. Anda perlu mengeksekusi ide bisnis pada waktu yang tepat. Contoh nyata dari timing ini bisa Anda lihat pada fenomena Gojek.

Layanan yang ditawarkan oleh Gojek sebenarnya tak jauh berbeda dibandingkan dengan taksi atau ojek pangkalan. Namun, mereka meluncurkan bisnis transportasi online pada momen yang tepat, ketika masyarakat kota merasa kesulitan dalam mendapatkan layanan transportasi nyaman dan ekonomis.

Itulah 5 kunci utama yang bisa menjadi bekal awal bagi founder startup dalam meraih kesuksesan. Anda pun bisa menjadi salah seorang yang mendapatkan kesuksesan tersebut.

ReviewTechnologyTutorial

faktorkuncikunci kesuksesanstartupsuksesteknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *