loading

Bukan Hanya Universitas Luar Negeri, LPDP Juga Menyediakan Beasiswa Dalam NegeriPosted by On September 10, 2019

Bukan Hanya Universitas Luar Negeri, LPDP Juga Menyediakan Beasiswa Dalam Negeri

pixabay.com


Anda tentu pernah mendengar tentang LPDP, bukan? LPDP adalah lembaga yang dinaungi oleh Kemenkeu Republik Indonesia. Banyak orang mengira, LPDP hanya menyediakan beasiswa untuk perkuliahan luar negeri saja, padahal Anda juga bisa mendapatkan beasiswa dalam negeri dari LPDP.

Kenapa Memilih Perguruan Tinggi Dalam Negeri?

Bukan Hanya Universitas Luar Negeri, LPDP Juga Menyediakan Beasiswa Dalam Negeri
pixabay.com

Memang, berkuliah di universitas di negara seperti Inggris, Jerman, dan Prancis memiliki gengsi tersendiri. Namun ternyata, Indonesia juga memiliki perguruan tinggi yang kualitasnya cukup bersaing. Sebut saja Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan Universitas Gadjah Mada yang masuk ke jajaran 100 perguruan tinggi terbaik di dunia.

Berkuliah di perguruan tinggi dalam negeri juga akan membuat Anda lebih peka terhadap masalah nyata yang dihadapi sehari-hari di negara sendiri. Nantinya, Anda dapat berkontribusi untuk memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Di dalam negeri, ada sekitar 567 perguruan tinggi yang bekerja sama dengan LPDP.

Seleksi LPDP Dalam Negeri, Ketat dan Berstandar Tinggi

Bukan Hanya Universitas Luar Negeri, LPDP Juga Menyediakan Beasiswa Dalam Negeri
pixabay.com

Persyaratan administratif dan dan seleksi akademis yang ditetapkan oleh LPDP dalam negeri tidak jauh berbeda dengan beasiswa luar negeri. Salah satu persyaratan yang harus diserahkan adalah adanya pengajuan rencana studi. Hal ini bertujuan agar para calon mahasiswa sudah memiliki visi dan misi yang tertulis mengenai perkuliahan yang diinginkan.

Rencana studi meliputi jumlah SKS yang akan diambil, topik tesis yang akan diajukan, serta aktivitas luar kampus yang akan dilakukan selama perkuliahan. Semua hal tersebut harus dituangkan dalam tulisan berupa esai yang terdiri dari 500–700 kata. Untuk pendaftaran beasiswa LPDP dalam negeri, Anda dapat menulis esai tersebut dalam bahasa Indonesia.

Sebaiknya, Anda melakukan riset yang mendalam tentang universitas yang dituju. Kalau perlu, lakukan kunjungan langsung untuk mengenal lebih jauh mengenai lingkungan kampus yang Anda tuju.

Lolos Seleksi LPDP Dalam Negeri

Bukan Hanya Universitas Luar Negeri, LPDP Juga Menyediakan Beasiswa Dalam Negeri
pixabay.com

Untuk bisa lolos seleksi LPDP dalam negeri, Anda perlu mengikuti setiap tahap yang ditentukan. Pertama, Anda harus melengkapi semua berkas yang diminta secara online. Selanjutnya, Anda harus menunggu sampai dinyatakan lolos seleksi dokumen atau administratif.

Jika dinyatakan lolos, Anda akan diundang untuk melakukan ujian berbasis komputer. Ujian tersebut berisi tes kompetensi serta tes menulis dalam bahasa Indonesia. Tahap berikutnya, para peserta yang berhasil lulus tes akan diminta untuk menjalani tes substantif. Tes tersebut merupakan ujian terakhir yang berupa wawancara dan diskusi.

Hasil tes final tersebut biasanya diumumkan sekitar 1 bulan kemudian. Untuk setiap tahapnya, sebaiknya Anda mempersiapkan materi dan mental agar bisa menghadapi setiap prosesnya dengan baik.

Salah satu keuntungan mendaftar beasiswa LPDP dalam negeri adalah hampir semua tahap dilakukan dalam bahasa Indonesia. Hal ini tentu menjadi kemudahan tersendiri terutama bagi peserta yang tidak memiliki kompetensi bahasa asing. H%�҉=

ReviewScientificTutorial

beasiswadalam negerikampuskuliahlpdpluar negerimahasiswanegeriteknologiuniversitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *