loading

Digital Forensik, Keahlian yang Mulai DibutuhkanPosted by On September 10, 2019

Digital Forensik, Keahlian yang Mulai Dibutuhkan

pixabay.com


Belum banyak orang yang berprofesi sebagai ahli forensik digital di Indonesia. Nyatanya, keberadaan ahli forensik digital semakin dibutuhkan. Nah, bagi Anda yang sedang ingin menambah kemampuan baru atau berpindah bidang keahlian, digital forensik bisa jadi sesuatu yang menarik untuk dipelajari.

Landasan Forensik Digital

Digital Forensik, Keahlian yang Mulai Dibutuhkan
pixabay.com

Maraknya kejahatan berbasis komputer saat ini, membuat keberadaan penyelidikan forensik secara digital semakin dibutuhkan. Pada dasarnya, digital forensik adalah proses pengumpulan, peninjauan, analisis, dan penyelidikan data digital. Digital forensik dapat menyelidiki data yang terkunci, disembunyikan, atau dihapus untuk menyembunyikan kejahatan tertentu.

Beberapa kasus yang membutuhkan analisis seorang ahli digital forensik adalah penyelidikan internal perusahaan (penyimpangan dana atau data), mencari kebenaran asumsi kriminal, permasalahan hak cipta berkas digital, serta menyelidiki pelecehan atau perundungan online.

Keahlian yang Dibutuhkan untuk Menjadi Seorang Digital Forensik di Indonesia

Digital Forensik, Keahlian yang Mulai Dibutuhkan
pixabay.com

Selain keahlian dalam bidang teknologi, seorang digital forensik di Indonesia juga harus memiliki kejelian dalam menganalisis data serta pengetahuan yang cukup mengenai hukum yang berlaku. Hal ini penting untuk membuat asumsi hukum setelah analisis dibuat.  

Pada praktiknya, ahli digital forensik juga memiliki subcabang sesuai objek yang dianalisis. Anda bisa mendalami bidang forensik komputer, analisis data forensik, forensik jaringan, serta forensik berbasis data.

Setiap subcabang memiliki proses dan peralatan analisis yang berbeda. Biasanya, para ahli digital forensik memiliki alat sendiri yang bisa berupa perangkat keras (komputer, device khusus) atau perangkat lunak (software, aplikasi). Hal tersebut menjadikan digital forensik menjadi sebuah bidang yang belum banyak didalami di Indonesia.

Tahapan Pemeriksaan Forensik Digital

Digital Forensik, Keahlian yang Mulai Dibutuhkan
pixabay.com

Menurut buku Forensic Examination of Digital Evidence, terdapat empat tahap penting yang perlu dilakukan seorang ahli forensik digital untuk mendapatkan hasil yang dibutuhkan. Tahap tersebut adalah asesmen, akuisisi, pemeriksaan, dan pelaporan.

Keempat tahap tersebut membutuhkan keahlian dalam mengekstraksi bukti digital untuk diperiksa keasliannya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa data yang diteliti tidak melewati tahap perusakan dalam bentuk apa pun.

Lembaga Digital Forensik di Indonesia

Digital Forensik, Keahlian yang Mulai Dibutuhkan
pixabay.com

Salah satu perguruan tinggi yang memiliki konsentrasi khusus pada digital forensik adalah Universitas Islam Indonesia (UII). Setelah bertahap memasukkan mata kuliah yang berkaitan dengan digital forensik sejak tahun 2010, universitas ini juga mendirikan Pusat Studi Forensika Digital (PUSFID) pada tahun 2014.

Hal tersebut diharapkan dapat menarik minat para mahasiswa yang memilih bidang informatika dan teknologi untuk mendalami ilmu digital forensik. Selain itu, UII Juga sering bekerja sama dengan pihak dari luar negeri untuk mengadakan pelatian serta seminar yang berkaitan dengan disiplin ilmu forensik digital.

Apakah Anda tertarik untuk mendalami ilmu ini? Dengan maraknya kejahatan siber saat ini, keahlian forensik digital tentunya semakin dibutuhkan di kemudian hari.

ReviewScientificTechnologyTutorial

digitalforensikindonesiakeahlianteknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *