loading

Menilik Kelemahan Teknologi Situng KPU Pilpres 2019 yang Harus DiperbaikiPosted by On September 10, 2019

Menilik Kelemahan Teknologi Situng KPU Pilpres 2019 yang Harus Diperbaiki

pixabay.com


Situng KPU adalah Sistem Informasi Perhitungan Suara KPU, yang merupakan teknologi penghitungan suara secara cepat dan telah digunakan sejak tahun 2014. KPU mengklaim bahwa Situng merupakan sistem perhitungan otomatis pertama yang digunakan pada proses pemilihan umum di tingkat dunia.

Keberadaan teknologi ini, memberikan banyak kemudahan bagi KPU. Selain bisa mempercepat proses perhitungan, Situng KPU juga menjadi sarana transparasi dalam pelaksanaan Pilpres ataupun Pileg. Hanya saja, seperti halnya produk teknologi lain, masih ada beberapa celah yang membuat Situng tidak mampu bekerja secara optimal.

Beberapa kelemahan yang harus segera diperbaiki sehingga Situng bisa bekerja dengan lebih baik pada Pemilu mendatang adalah:

Verifikasi data

Menilik Kelemahan Teknologi Situng KPU Pilpres 2019 yang Harus Diperbaiki
pixabay.com

Kelemahan mencolok yang membuat Situng KPU Pilpres 2019 terlihat buruk adalah karena lemahnya verifikasi data. Bahkan, seolah-olah tidak ada tahapan verifikasi data yang dilakukan secara sistem oleh Situng. Sebagai buktinya, Anda bisa melihat terdapat kesalahan dalam input data yang kemudian merugikan salah satu calon presiden.

Terkait verifikasi data seperti ini, pihak KPU sebenarnya sudah mempersiapkan tenaga input sekaligus verifikator yang jumlahnya sebanyak 25 orang per kabupaten/kota. Hanya saja, proses verifikasi yang dilakukan oleh tenaga manusia, memunculkan kemungkinan human error yang tinggi. Apalagi, mereka bekerja dalam kondisi lelah.

Tingkat keamanan data

Menilik Kelemahan Teknologi Situng KPU Pilpres 2019 yang Harus Diperbaiki
pixabay.com

Situng KPU Pilpres memproses data penting dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, KPU harus memperhatikan tingkat keamanannya secara ekstra. Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam tingkat keamanan data Situng adalah terkait akses keamanan situs serta berbagai perangkat pendukungnya.

Kata sandi yang menjadi akses masuk menuju ke dalam sistem harus diamankan secara berlapis. Proses pengirimannya juga tidak bisa sembarangan. Selain itu, KPU perlu mempertimbangkan untuk memakai standar transaksi bank yang harus disertai dengan konfirmasi.

Penyimpanan server

Menilik Kelemahan Teknologi Situng KPU Pilpres 2019 yang Harus Diperbaiki
pixabay.com

Kelemahan berikutnya yang harus diperbaiki KPU dalam proses penanganan Situng adalah terkait penyimpanan server. Pihak KPU sudah bekerja baik dengan memiliki 3 unit server yang masing-masing ditempatkan pada lokasi terpisah. Dengan begitu, ketika terjadi hal yang tak diinginkan, 2 server cadangan bisa dipakai untuk memastikan kinerja Situng tidak terganggu.

Hanya saja, KPU tidak memperhatikan secara cermat standar penyimpanan komputer server. Kabel-kabel yang terhubung pada komputer server perlu ditata dengan baik. Suhu serta tingkat kelembapan ruangan yang menjadi lokasi penyimpanan server juga harus memenuhi standar.

Kelemahan yang ada pada Situng KPU memang tidak berpengaruh pada hasil perhitungan suara resmi. Namun, kalau Situng KPU RI bekerja dengan baik, kericuhan seperti yang terjadi pada Pilpres dan Pileg 2019 bisa diminimalkan.

ReviewScientificTechnology

2019indonesiakelemahankpupilressitungteknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *