loading

Cara Menduitkan Konten YouTubePosted by On October 3, 2019


Menjadi pembuat konten untuk YouTube bukan perkara sulit. Yang sulit itu adalah menjadi YouTuber sukses dengan indikator subscribers dan jumlah penghasilan yang banyak dan tinggi. Google memberikan penghargaan kepada para YouTuber yang telah mendapatkan subscribers dalam jumlah tertentu. Diperlukan kerja keras dan kerja cerdik untuk dapat merasakan penghargaan dalam bentuk gift yang populer disebut YouTube Play Buttons.

Cara Mendapatkan Profit dari YouTube

YouTuber mengacu pada profesi pembuat video yang diposting di YouTube dan mendapatkan profit dari aktivitasnya tersebut. Pendapatan seorang YouTuber tidak terbatas pada AdSense (iklan). Ada banyak cara untuk mendapatkan profit dari YouTube, dari mulai memanfaatkan affiliate marketing hingga penggalangan dana. Bagaimana cara memulai menjadi YouTuber dan mendapatkan profit dari aktivitas pembuatan konten?

1. Membuat Channel YouTube

Memiliki akun atau dalam hal ini channel YouTube wajib hukumnya. Dengan memiliki akun Gmail, Anda sebenarnya sudah memiliki akun YouTube dan akun layanan berbasis Google lainnya. Namun, untuk keperluan komersial dan bisnis, Anda perlu memiliki channel YouTube. Akses channel settings untuk melakukan beragam pengaturan, dari mulai nama hingga menambahkan keyword.

2. Mengupload Video

Jika channel YouTube sudah Anda buat, maka langkah selanjutnya adalah mengupload video. Terlepas dari kualitas video yang Anda buat, pastikan video tersebut dibuat dengan kualitas terbaik (HD atau minimal jelas) dan diproduksi secara rutin dan berkala. Optimalkan penggunaan keyword, tag, dan deskripsi. Hal-hal tersebut dapat membantu Anda menjaring penonton yang berpotensi dikonversi menjadi subscribers.

3. Penuhi Syarat

Untuk menjadi partner YouTube dan mendapatkan profit dari video yang Anda upload, Anda perlu memenuhi persyaratan. Persyaratan tersebut adalah mendapatkan waktu tonton 4.000 jam untuk video yang diupload (akumulasi) selama 12 bulan ke belakang dan mendapatkan 1.000 subscribers. Jika persyaratan tersebut tidak terpenuhi Anda tidak bisa memulai proses “menduitkan” video melalui iklan dari Google.

4. Monetize Video

Untuk menduitkan video, Anda perlu mengaktifkan fitur monetize terlebih dahulu. Caranya adalah dengan klik My Channel pada website YouTube. Klik Video Manager. Klik Channel dan pilih Enable Monetization. Setelah fitur monetize diaktifkan, YouTube akan menyertakan iklan dalam video Anda dimana Anda akan mendapatkan profit dari iklan tersebut. Selain syarat waktu tonton, pastikan video Anda aman dari permasalahan plagiarisme.

Anda bisa memilih video mana yang akan Anda uangkan. Caranya adalah dengan klik Tab Monetization dan ceklis kotak Monetize with Ads. Selanjutnya, upload video yang akan diuangkan atau pilih video yang sudah ada. Buka Video Manager dan klik ikon US Dollar ($) disamping video yang akan Anda monetize. Kemudian, ceklis kotak Monetize with Ads. Proses monetize selesai dan Anda sudah bisa menikmati hasil kerja keras Anda.

Hal yang Haram Dilakukan dalam Pembuatan Konten YouTube

Tidak mudah untuk memenuhi persyaratan waktu tonton 4.000 jam dengan jumlah subscribers minimal 1.000 orang. Dengan ketekunan, konten yang berkualitas, dan SEO yang tepat hal tersebut dapat dipenuhi. Beberapa orang yang gagal mencapai persyaratan tersebut ternyata melakukan beberapa kesalahan. Dikutip dari Artisan, berikut adalah hal yang haram Anda lakukan dalam proses pembuatan video di channel YouTube Anda.

1. Jangan Selalu Main Aman

Jangan takut untuk mengambil risiko dan mempublikasikan video yang mampu menggemparkan publik. Selama itu bukan tindakan kriminal dan tidak menabrak konstruksi moral dan etika yang ada di masyarakat, hal tersebut sah-sah saja. Yang namanya kritik, hinaan, dan makian pasti ada. Jangan selalu main aman dan cobalah keluar dari zona nyaman. Bukan tidak mungkin, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari lompatan tersebut.

2. Jangan Publikasikan Video dalam Satu Waktu

Buatlah jadwal rilis video secara berkala dan berpola. Jangan mempublikasikan karya Anda dalam satu waktu. Misalkan, Anda bisa merilis 1 video per minggu, per 3 hari, atau per bulan. Mempublikasikan video dalam satu waktu membuat penonton bingung menginvestasikan waktunya di video yang mana. Akibatnya, video Anda tidak akan ditonton secara optimal dan respons yang Anda harapkan tidak akan terwujud.

3. Jangan Abaikan Kritik

Kritik adalah bagian dari pekerjaan Anda. Fokuslah pada kritik yang membangun. Jangan abaikan sedikitpun masukkan atau keluhan dari penonton dan subscribers Anda. Perhatikan dan respons lah kritik publik tersebut dengan karya yang lebih baik dan apresiasi terhadap kritikan yang muncul. Jangan mudah tersinggung dan persiapkan mental baja untuk menghadapi nyinyiran dan komentar-komentar tidak relevan yang penuh kebencian.

Tingkatan YouTube Creator Awards

Google menyediakan apresiasi kepada para pembuat video dengan jumlah subscribers yang banyak. Apresiasi tersebut diwujudkan dalam bentuk penghargaan berupa benefits dan awards. YouTube Creator Awards adalah nama penghargaan tersebut. Sebelumnya, awards tersebut lebih dikenal dengan sebutan YouTube Play Buttons. Berikut adalah tingkatan penghargaan yang diberikan oleh YouTube untuk channel populer dengan jumlah subscribers minimal lebih dari 1.000 orang.

1. Benefits

Benefits berbeda dengan awards. Tidak terdapat penghargaan dalam bentuk fisik (piala). Kendati demikian, channel yang mendapatkan benefits ini, mendapatkan beragam peluang menguntungkan, terutama dalam hal finansial. Berikut adalah 3 tingkatan beneftis YouTube.

– Graphite

Graphite adalah channel yang memiliki jumlah subscribers dibawah 1.000.

– Opal

Opal adalah channel dengan jumlah subscribers lebih dari 1.000 orang. Selain waktu tonton 4.000 jam, jumlah subscribers tersebut juga merupakan persyaratan untuk menjadi partner YouTube. Channel yang berstatus Opal ini sudah bisa mengaktifkan fitur monetize dan mendapatkan fitur lain, diantaranya Super Chat dan channel membership (channel gaming).

– Bronze

Bronze adalah channel dengan jumlah subscribers lebih dari 10.000 orang.

2. Awards

Inilah yang sering Anda lihatkan dipamerkan oleh para YouTuber populer dengan jumlah subscribers dan profit yang banyak dan tinggi. Para YouTuber tersebut dihadiahkan YouTube Creator Reward berupa piala dengan sampul metal berlogo tombol play. Material metal (perak, emas, berlian, dll) yang digunakan bergantung dengan jenis penghargaannya. Selain logo tombol play, nama channel penerima penghargaan juga disertakan.

Tidak mudah memang mendapatkan penghargaan ini. Hanya beberapa pembuat konten yang bisa mencapai penghargaan tertinggi. Ada 3 jenis penghargaan yang sering didengar publik. 2 jenis penghargaan lainnya memang tidak begitu populer karena hanya sedikit channel yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. Berikut adalah tingkatan penghargaan YouTube Creator Reward.

– Silver

The Silver Creator Award diberikan kepada channel dengan subscribers lebih dari 100.000 orang.

– Gold

The Gold Creator Award diberikan kepada channel dengan subscribers lebih dari 1 juta orang.

– Diamond

The Diamond Creator Award diberikan kepada channel dengan subscribers lebih dari 10 juta orang.

– Custom

The Custom Creator Awards diberikan kepada channel dengan subscribers lebih dari 50 juta orang.

– Red Diamond

The Red Diamond Creator Awards diberikan kepada channel dengan subscribers lebih dari 100 juta orang.

TechnologyTutorial

adsenseaffiliatechannelContent CreatorGiftgoogleUpload videoYoutubeYoutuber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *