loading

Kencan Pertama Dengan X505ZAPosted by On August 19, 2020

Sebelumnya saya mohon maaf jika postingan ini menurut saya sudah sangat terlambat. Karena saya perlu waktu untuk melakukan riset dan memastikan apa yang saya tulis adalah hasil uji coba, bukan opini.

Assalamu alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Laptop telah menjadi kebutuhan orang saat ini. Hal ini terutama disebabkan sifatnya yang mudah dibawa. Merk dan sistem operasi yang tersedia saat ini sudah sangat banyak. Cukup banyak untuk membuat kita bingung dalam menjatuhkan pilihan. Mau laptop apa dengan sistem operasi apa. Pada tulisan ini, saya akan berbagi pengalaman dalam berburu laptop. Saya akan menceritakan pengalaman saya laptop Asus X505ZA. (Ryzen 3 2200U, 4 GB RAM)

Saya membeli laptop tersebut di awal tahun 2019 yang lalu pada awal April. Tepatnya pada tanggal 9 April. Everything is good overall. Unit diterima dalam kondisi baik. Ketika saya melakukan pemakaian pertama di rumah semuanya berjalan lancar tanpa ada masalah. Kemudian masalahnya muncul ketika saya memainkan sebuah file lagu MP4 dalam laptop tersebut menggunakan Windows Media Player. Di beberapa tempat terdapat lag. Ya, lagu seakan terjeda. Jadi ketika lagu tersebut saya mainkan ada tempat-tempat tertentu di mana lagu itu terhenti sekitar 1 detik lalu kemudian tersambung kembali. Mungkin buat beberapa orang ini bukan masalah. Namun bagi saya ini merupakan suatu masalah yang harus diselesaikan dan perlu diketahui bahwa file tersebut adalah sebuah file lagu satu album. Durasinya sekitar kurang lebih 1 jam 40 menit. Sekitar 20 lagu. Ini masalah buat saya karena apabila filenya saya mainkan di handphone atau di laptop lain tidak ada masalah lagunya lancar jaya dari awal sampai ke akhir lagu. Yang menjadi tanda tanya bagi saya adalah mengapa di laptop ini ada jeda di beberapa bagian tertentu. Kemudian saya konfirmasi ke service center Asus. Saya pertanyakan ini ada apa kok ada sesuatu yang beda. Sebelum saya otak-atik. Maksud saya mumpung masih garansi. Pihak service center segera menindaklanjuti hal tersebut. Setelah diperbaiki lalu dikembalikan ke saya dan saya melakukan pengujian yang sama. Memainkan file ulang lagu tersebut dan ternyata hasilnya masih sama masih ada jeda entah dimana di lagu tersebut. Saya mendengarkan dengan baik dari awal lagunya hingga lagu tersebut habis. Saya menunggu jeda atau tidak. Jika sampai lagunya habis tidak ada jeda, maka saya anggap sudah baik. Setelah beberapa kali konfirmasi akhirnya saya menyerah dan mencoba media player yang lain siapa tahu ada masalah dengan media player-nya ternyata masih rewel. Akhirnya saya coba install ulang sendiri OS Windows-nya. Perlu diketahui bahwa Windows yang digunakan yaitu merupakan Windows yang download dari situs resmi Microsoft karena laptop saya genuine Windows nya waktu saya beli jadi saya hanya perlu online kan laptop tersebut setelah instalasi dan dia akan teraktivasi jadi tidak perlu aktivasi menggunakan cracker. Baik masalah yang sama dan kembali saya gonta-ganti Media Player masih juga masalah yang sama lalu kemudian saya coba menggunakan live system. Saya gunakan sistem yang lain saya pikir mungkin jika menggunakan Linux akan terselesaikan masalahnya maka saya pun mencoba menggunakan Linux beberapa distro. Saya pernah menggunakan Fedora, OpenSuSE, Kali, dan beberapa yang lain.

Rata-rata ada masalah pada touchpad. Setelah browsing internet ternyata memang kebanyakan laptop Asus bermasalah dengan touchpad jika menggunakan Linux. Lalu kemudian saya gunakan Ubuntu Studio 19.04 dan Alhamdulillah setelah 34 kali percobaan tidak ada masalah successful bisa dimainkan dengan smooth. Normal tidak ada masalah dengan lagunya akhirnya saya berkesimpulan jika ada yang ingin mencoba menggunakan menggunakan Asus x505za dan ingin mendapatkan kepuasan maksimal dengan Linux atau multimedia gunakan distro Ubuntu studio 19.04.

Now I’m using Windows 10 installed on my laptop and Ubuntu Studio 19.04 as my Live System for some fun. Semoga membantu.

ClassReviewTechnology

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *